Wednesday, September 14, 2016

akhirnya aku sampai disini. (part 1)

Setelah lama ga nulis blog karena sibuk (dan malas) akhirnya gua memutuskan untuk menulis lagi. Sebenernya tujuan gua menulis ini adalah memberikan kesaksian Tuhan (cieelah), ya tapi memang benar sih. Gua mau cerita perjalanan berliku-liku gua sampai ke posisi gua saat ini. Gua mau memberi kesaksian, bahwa mukjizat itu bener-bener ada dan bahkan udah beberapa kali menghampiri gua dalam 3 bulan ini. 

Seperti yang gua udah pernah cerita, udah lama gua bermimpi untuk melanjutkan kuliah di Jerman. Gua pengen menjadi orang yang mandiri, ga bergantung sama papa mama, dan secara gua pengen cari pengalaman dan suasana baru yang ga mirip Indonesia, tapi yang murah itu cuma Jerman. Akhirnya gua memutuskan untuk kuliah di Jerman.

Kalo kata orang, kuliah di Jerman itu gaharus pinter, tapi harus rajin dan punya tekad. Ga mewek, ga ngeluh, tahan banting, dll. Setelah gue sekarang di Jerman, gue mau bilang itu bener banget. Kita gaakan survive di Jerman kalo kita ga tangguh.

Namun buat menginjakkan kaki di Jerman aja udah susah. Kecuali emang mau berlibur, ya gampang. Tapi ini untuk studi, jadi banyak prosedur macem-macem. Semuanya gua urusin sendiri, supaya nanti pas di Jerman ga kaget bahwa semuanya harus urus sendiri juga. Hal pertama yang paling penting adalah ngurusin visa. Kalo dibandingin sama visa-visa dari Amerika atau negara lain, ngurusin visa ke Jerman itu termasuk paling ribet dan bikin cape hati nunggunya. Salah satu persyaratan untuk mengurus visa itu adalah membuka rekening Deutsche Bank. Gua bakal ceritain mukjizat apa yang gua alami selama mengurus visa ini.

Gua udah membuat janji untuk urus visa tanggal 13 Juli. Tanggal 10 Juni gua ke konsuler di Kedutaan Jerman untuk membuka rekening Deutsche Bank. Kalo kata orang-orang, biasa membuka rekening itu kira-kira 2 minggu. Gua buka rekening bareng temen gua, Caroline, dan ada 2 orang lagi yang gua ga terlalu kenal. Semuanya kecuali gue dapet email balasan dari Deutsche Bank 2 minggu kemudian. Emang ada yang ditolak, atau ada yang salah, contohnya temen gua Caroline, tahun lahirnya salah dan untuk membenarkannya itu membutuhkan waktu 2 minggu. Jadi sama aja 4 minggu untuk membuka rekening. Sedangkan gue, setelah Olin udah dibenerin pun, gue belom dapet balesan apapun dari Deutsche Bank. Gua udah telefon ke Jerman berapa kali, mereka gabisa bantu. Gue udah email sampe kayaknya masuk spam deh, tapi mereka ga bales2. Gua udah hopeless, hampir tiap hari nangis, setiap hari jam 7 malam gua berharap ada email masuk dan selalu gaada. Gua gatau lagi harus apa, karena Deutsche Bank ini seperti kunci dari segalanya. 

Lalu gua memutuskan untuk doa Rosario, karena gue gatau harus ngapain lagi. Bahkan gua berdoa agar hadiah ultah gue cukup email dari Deutsche Bank aja, gua ga butuh apa2 yang lain. Dan singkatnya, 1 hari sebelum ultah gue, tanggal 6 Juli, doa gua pun dikabulkan. Gua dibukakan rekening oleh Deutsche Bank! Gua merasa ini mukjizat banget ya. Namun selalu aja ada yang ngehambat. Nama gue salah! Jir! Gua keinget bahwa Olin aja dibenerin tahun lahir setelah 2 minggu, gimana gue yang salah nama? Bisa bisa 4 minggu kali. 

Gue udah mulai hopeless lagi. Gua terusin doa rosario, sambil spam email ke Deutsche Bank. Dan pada tanggal 11 Juli, doa gue lagi-lagi dikabulkan. Nama gue dibenerin. Oh shit. Gua inget banget bokap gue lagi libur dan lagi bersih-bersih bareng gue lalu tiba-tiba hp gua getar..... dan notifnya itu email dari Deutsche Bank. Dan gua inget banget, itu hampir menjelang jam 2. Setelah dibukakan rekening, gua masih harus transfer sejumlah 8090 Euro ke rekening gua, dan yang pasti, transfernya ke Jerman dan memakan waktu lumayan banyak. Sedangkan bank itu tutup jam 3 coy. Jam 3. Bahkan bank BCA udah tutup jam 2. Untung ada Panin di deket rumah gue. Gua langsung ke bank, transfer, bahkan lewat jam 3 orang banknya masih mau tungguin. Baik banget. Duit gua dijanjikan masuk malem itu juga, yang artinya siang di Jerman. 

Gua doa rosario lagi, spam email lagi ke Deutsche Bank, dan tanggal 12 gua dapet 1 lembar surat yang paling berharga dalam hidup gue (lebaysih), surat konfirmasi bahwa duit gua udah masuk, surat yang akan gua lampirkan ketika gua apply visa. And yep, gua keburu apply visa tanggal 13. Kalo tanggal 13 gua gakeburu dan harus cancel janji gua, gua baru bisa apply lagi bulan depan karena dalam sebulan itu udah gaada janji yang available lagi. Sedangkan tanggal 1 September itu gua tes di Karlsruhe, dan proses visa itu memakan waktu 6-8 minggu. 

Jadi singkatnya: 
1. 11.07.2016 Gua dapet email dibukakan rekening oleh Deutsche Bank
2. 12.07.2016 Gua dapet email bahwa uang gua udah masuk
3. 13.07.2016 Gua apply visa

Menurut gua itu udah diatur banget sama Tuhan, emang mepet tapi buktinya keburu. Tanpa campur tangan Tuhan, itu semua menurut gua ga akan terjadi.

Semenjak itu, gua sangat yakin hidup gue akan dipenuhi mukjizat. Gue yakin banget bahwa Tuhan itu selalu membantu gue disaat gue sulit, kapanpun dan bagaimanapun pasti ada jalan keluar yang paling baik.

Belum selesai, perjalanannya masih panjang! Tunggu aja di part kedua. Tschüssss!!

2 comments:

Nuki said...

Halo Klaudia,

Selamat ya atas pencapaiannya (saya baca sampai part2). Dan saya juga punya kasus hampir2 mirip dengan kamu. Saya cuma punya waktu 3 bulan (1 bulan untuk DB, dan 2 bulan untuk visa). Feb tanggal 6, saya punya janji visa tapi saya baru buka akun DB di tanggal 4 Januari karena zulassung yang saya terima mepet datangnya. Padahal awal april saya harus sudah ada di Jerman untuk mulai kuliah sommer semester. Deg-degan menunggu karena estimasi DB jawab itu sekitar 4minggu, belum lagi transfer dan konfirmasi dana masuk T_T
Semoga saya diberi keajaiban dan kemudahan seperti kamu.

Klaudia Leo said...

hai Nuki, sorry baru baca commentmu. apa semua berjalan dengan lancar?